January 27, 2015

Apel Impor Asal AS Ini, Bahayakan Ibu Hamil

No comments :
Masyarakat diminta berhati-hati mengkonsumsi apel impor asal Amerika Serikat (AS) jenis Granny Smith (warna kulit hijau) dan Gala (warna kulit merah), karena diduga tercemar bakteri Listeria manocytogenes. Bakteri tersebut bisa menimbulkan gejala demam, nyeri di otot, mual, diare.

Namun, apabila menyerang sistem saraf pusat, bisa berupa sakit kepal yang hebat, kaku dibagian leher, mengalami fase bingung, kejang, serta tremor.

Jika menyerang pada ibu hamil, dapat beresiko menyebabkan keguguran, kelahiran premature, kematian janin didalam kandungan. Adapun gejala yang ditimbulkan pada ibu hamil, berpa demam, menggigil, nyeri pada otor, diare.

Begitu juga, jika menyerang si bayi, itu menimbukan gejala, diantaranya bayi tidak mau menyusu, rewel, kejang, sulit bernafas, timbul kemerahan di kulit, demam.

Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Antajo Dikin, seperti dikutip dari laman kompas.com, mengaku akan terus melakukan peningkatan kewaspadaan beredaranya dua jenis apel impor asal As itu dari peredaran.

Sehingga, pihak Kementerian Pertanian, sudah memperingatkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pertanian tiap daerah di Indonesia, supaya mengawasi masuknya apel jenis Granny Smith dan Gala itu ketingkat pedagang buah.

Begitu juga Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), ikut membantu mengawasi melakukan pengujian laboratorium terhadap apel tersebut, dengan mengambil sejumlah sampel yang sudah beredar di pasaran.

“Kita siap membantu uji lab, walaupun ini bukan kita yang mengambil kebijakan mengawasinya. Kita lakukan ini hanya untuk melindungi konsumen, dengan mengambil sampel,” kata Kepala BBPOM Aceh, Syamsuliani, saat memantau ke sejumlah pedagang buah di Banda Aceh, Selasa (27/1).

Apalagi, menurutnya apel yang diduga tercemar bakteri Listeria manocytogenes, sangat membahayakan bagi ibu hamil.




No comments :

Post a Comment