April 14, 2015

Pentingnya Orangtua Mengetahui Gejala Kanker Pada Anak

No comments :
Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakutkan, apalagi terjangkitnya pada anak-anak. Hal ini yang paling berperan dalam mengawasi serta mendeteksi gejala kanker pada anak itu adalah orangtua.

Pernyataan itu disampaikan konsultan kanker anak Rumah Sakit Dharmais Jakarta dr Edi Setiawan Tehuteru, SP AK, MHA, dalam seminar edukasi kanker pada anak, di Aula Balaikota Banda Aceh, Selasa (14/4/2015).

Menurutnya, orangtua harus memiliki pengetahuan karena kanker pada anak sangat sulit dideteksi, berbeda dengan kanker pada orang dewasa.

Karena sampai saat ini, dari sekian banyak kanker yang dapat ditemui pada anak, hanya satu jenis yang bisa dideteksi secara dini, yakni kanker bola mata atau dikenal dengan istilah retinoblastoma. 

"Karenanya, penting bagi orangtua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak mengingat baru satu jenis yang dapat dideteksi secara dini," ujar Edi.

Kata Edi, deteksi dini untuk retinoblastoma dinamakan 'lihat merah'. Pemeriksaannya pun tidak harus ke rumah sakit besar, karena juga bisa diperiksa oleh seorang tenaga kesehatan yang telah dilatih sebelumnya.

"Di Puskesmaspun bisa diperiksa dengan menggunakan alat yang disebut ophthalmoscope, suatu alat untuk melihat bagian dalam dari mata anak," tutur Edi.

Menurut Edi, kanker pada anak berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Karena, kanker pada orang dewasa bisa dicegah sedangkan pada anak tidak.

Untuk itu, Edi menyarankan orangtua supaya mengajarkan anaknya menjalani pola hidup sehat dari sejak usia dini. Dengan demikian saat dia sudah beranjak dewasa, setidaknya bisa terhindar dari berbagai jenis kanker yang biasa menyerang orang dewasa.

Orangtua juga saat mencurigai anaknya terkena kanker, sebaiknya segra membawanya ke rumah sakit, serta mengkonfirmasi apakah itu gejala yang dijumpai benar kanker atau bukan.

No comments :

Post a Comment