October 30, 2014

Ini Kiat Biar Gigi Selalu Terawat

No comments :
Giatsehat

Kadang orang menganggap sepele dalam hal perawatan gigi, akibat malas ke dokter, tapi disaat sudah merasakan sakit gigi, baru disibukan mencari puskesmas atau rumah sakit.

Padahal, jika kita mengikuti anjuran sebagaimana dalam ilmu kedokteran, dengan cara mematuhinya, yaitu memeriksa atau mengontrol ke dokter gigi minimal enam bulan sekali, pasti kita tidak khawatir sakit gigi, karena selalu bisa berkonsultasi dengan dokter.

“Ini Kedokter ketika sakit giginya sudah parah,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala, drg Zaki Mubarak, kepada wartawan, di Banda Aceh, Kamis 30 Oktober 2014.

Nah, dengan bisa berkonsultasi dengan dokter gigi, kita akan tahu apa keluhan sakit gigi selama ini. Selain itu, kita juga akan mendapatkan penyuluhan, berupa kiat-kiat, apa yang harus dihindarkan, seperti pola makan yang tidak sehat, bisa merusak gigi.

Karena, Zaki menilai, selama ini pemahaman masyarakat, misalnya kalau sudah melakukan penambalan giginya yang berlubang itu tidak lagi melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Padahal, seharusnya setelah ditambal, itu harus rutin melakukan pemeriksaan. Mungkin tambalannya sudah terkikis lagi.

Begitu juga cara sikat gigi yang baik dan benar, itu harus dilakukan. Sikat gigi pun harus dilakukan dengan rutin, minimal dua kali dalam sehari. Karena pembersihan gigi itu penting, apalagi sebelum tidur, supaya kotoran yang lengket digigi bersih, sehingga tidak bersarang kuman yang bisa membuat infeksi.

No comments :

Post a Comment