October 26, 2014

Mengenal Nila Moeloek Menkes Era Jokowi

No comments :

Pada pengumuman resmi kabinet kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 26 Oktober 2014, Presiden Jokowi menunjukan Prof Dr Nila Djuwita Anfasa Moeloek SpM(K) sebagai Menteri Kesehatan (Menkes), dari 34 menteri.
Nila yang masuk kementerian Jokowi-JK, menggantikan Nafsiah Mboi pada kabinet Indonesia Bersatu II era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat diperkenalkan Jokowi, Nila seorang yang kaya pengalaman, “Ia adalah senior yang sanga berpengalaman.”
Perempuan kelahiran Jakarta, 11 April 1949 ini ditujukan sebagai Menkes, setelah melewat proses seleksi, yang berkasnya diperiksa KPK, dan dinyatakan bersih dari korupsi.
Perjalanan karier Nila yang merupakan seorang ahli penyakit mata, di RSCM Kirana Jakarta dan menjadi Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).
Dalam hal ini, Nila ternyata mengikuti jejak suaminya dr Farid Anfasa Moelok, yang merupalan Menteri Kesehatan pada Kabinet Reformasi Pembangunan di masa kepemimpinan Presiden BJ Habibie.
Selain itu, Nila yang sudah dikaruniai tiga anak, M Reiza, Puti Alifah dan Puti Annisa, juga pernah dipercayai menjadi utusan khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (MDGs) periode 2009-2014.
Adapun program MDGs ini, menangani menyangkut dengan kemiskinan absolut, belum terjangkaunya pendidikan, tingginya angka kematian ibu melahirkan, rendahnya kesehatan anak, kesenjangan jender, penyakit HIV/AIDS serta penyakit penular lainnya, kerusakan lingkungan dan penggalangan kemitraan global.

Dengan kinerja serta banyaknya pengalaman yang diperoleh Nila, sehingga cukup dipercaya Jokowi untuk mengembankan tugas-tugasnya dikementerian kesehatan.

No comments :

Post a Comment