March 25, 2015

Asupan Ini Bikin Tulang Kuat dan Sehat

No comments :
Siapa yang tidak mau tulangnya selalu kuat dan sehat. Apalagi selama beraktivitas, tubuh kita sangat membutuhkan tulang yang kuat.
Nah, untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat tentunya harus rutin berolahraga, selain itu menambahnya dengan asupan nutrisi yang baik bagi tulanm diantaranya :

Susu
Susu sebagai sumber kalsium penting dipenuhi kecukupannya untuk memiliki tulang kuat. Usia dewasa sampai sekitar 50 tahun membutuhkan kira-kira 1.000 mg kalsium setiap hari. Saat mulai memasuki usia 51 tahun, kebutuhan ini meningkat menjadi 1.200 mg.
Nah, segelas susu rata-rata mengandung 300 mg kalsium, terlepas dari apakah itu susu rendah lemak, susu skim atau susu biasa. Kecuali Anda mengidap intoleransi laktosa atau alergi susu, jangan lupa untuk minum susu setiap hari

Yoghurt dan keju
Nah, bagi mereka yang memang tak doyan minum susu, maka produk olahan susu lainnya seperti yoghurt atau keju juga bisa menjadi pilihan. Secangkir yoghurt dapat mengandung hingga 300 mg kalsium.

Sayuran berdaun hijau
Kalsium dimiliki oleh sebagian besar sayur-sayuran, namun sayuran berdaun hijau bisa dikatakan memiliki kandungan kalsium lebih baik dibandingkan yang lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat, ada baiknya untuk mulai memasukkan sayur-sayuran berdaun hijau dalam menus makanan Anda setiap hari seperti bayam, kangkung, dan lain-lain.

Seafood
Tak doyan makan ikan atau seafood lainnya? Yuk mulai belajar mengonsumsinya. Seafood, terutama ikan sarden dan ikan-ikan lain seperti tuna dan makerel tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung, tetapi juga kaya akan kalsium.

Produk kedelai
Selain susu dan olahannya, kandungan kalsium juga dimiliki oleh olahan kedelai lho. Dalam seporsi kecil tahu, terdapat sekitar 300-400 mg kalsium. Kedelai sendiri diketahui sangat baik bagi kesehatan tulang wanita pasca menopause, yang umumnya mengalami penurunan asupan kalsium.
Selain asupan-asupan di atas, cukup paparan sinar matahari dan latihan fisik juga membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Detik




No comments :

Post a Comment