March 26, 2015

Lakukan Ini Agar Otak Tetap Encer di Usia Tua

No comments :


Saat orang sudah memasuki usia lanjut rentan dengan penderitaan kerusakan otak, seperti banyak lupa. Namun, untuk mengatasi hal itu, para peneliti punya kiat tersendiri dianjurkan, misalnya memperkuat fisik dengan rutin berolahraga.
Kerusakan di area kecil di otak para lansia terlihat saat tes MRI (magnetic resonance imaging). Bagian ini disebut hyperitensities putih yang menjadi dasar penelitian ini. Para ilmuwan menilai, tingginya derajat kerusakan ini dikaitkan dengan ketidakmampuan mereka bergerak, seperti misalnya berjalan.
Salah seorang penulis dan peneliti dari Rush University Medical Center di Chicago, Amerika, Debra A Fleischman yang memublikasikan penelitian ini dalam Jurnal American Academy of Neurology mengatakan, hasil temuan ini menggarisbawahi betapa pentingnya mendorong lansia agar lebih aktif seccara fisik demi mencegah masalah lanjutan dan meningkatkan kualitas kesehatan secara umum.
Rutin beraktivitas fisik, kata Debra seperti dikutip dari Zee News, merupakan cara mudah dan murah agar otak tetap tokcer meski usia sudah menua.
Liputan6 

No comments :

Post a Comment