March 26, 2015

Alasan Tidak Boleh Tidur Terlalu Lama

No comments :


Ternyata tidur terlalu cepat setiap malam itu tidak membuat kita sehat. Tapi tidur telampau telat juga tidak dianjurkan. Beberapa peneliti mengatakan tidur delapan jam tiap malam itu terlalu banyak, dan bisa menyebabkan kurang sehat bagi tubuh.
Hal itu seperti dilansir BBC, penelitian yang dilakukan selama 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam atau lebih dari delapan jam, berisiko mengalami kematian dini dibanding yang tidur selama antara enam sampai delapan jam.
Prof. Franco Cappuccio, profesor kedokteran kardiovaskular dan epidemiologi di University of Warwick, telah menganalisis 16 studi, di mana lebih dari satu juta orang ditanya tentang kebiasaan tidur mereka dan kemudian dipantau dari waktu ke waktu.
Cappuccio kemudian menempatkan orang yang terlibat studi tersebut dalam tiga kelompok besar:
1.    mereka yang mengatakan mereka tidur kurang dari enam jam setiap malam
2.    mereka yang mengatakan mereka tidur selama enam sampai delapan jam
3.    mereka yang mengatakan mereka tidur selama lebih dari delapan jam
Analisisnya menunjukkan bahwa 12 persen dari mereka yang tidur terlalu sebentar meninggal lebih cepat dibanding yang cukup tidur - tidak berlebihan. Begitu pula dengan mereka yang tidur terlalu lama, risiko kematian dini meningkat hingga 30 persen.
Prof. Shawn Youngstedt dari Arizona State University juga sempat melakukan studi kecil yang melibatkan 14 orang dewasa muda. Dia kemudian membujuk mereka untuk menambah waktu tidur mereka hingga dua jam setiap malam selama tiga minggu.
Para peserta melaporkan bahwa mereka menderita peningkatan perasaan depresi dan juga peningkatan peradangan. Para peserta dalam penelitian ini juga mengeluhkan nyeri dan sakit punggung.
Merdeka 

No comments :

Post a Comment