May 23, 2015

Tips Ini Terhindar Dari Beras Plastik

No comments :
Ditemukannya beras sintetis atau beras plastik akhir-akhir ini, membuat keresahan dikalangan masyarakat, serta merasa was-was saat membeli dan mengkonsumsi beras.  Kementerian perdagangan pun turun tangan, melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesetiap pasar, guna memastikan beras plastik itu tidak ada.

Namun, Praktisi kesehatan, dokter Ari Fahrial Syam menyebutkan beberapa tips agar  masyarakat terhindar dari bahaya beras plastik. Menurut Ari, masyarakat harus mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan anti oksidan. 

"Serta banyak mengkonsumsi air  sesuai dengan dianjurkan adalah hal-hal yang bisa kita kerjakan agar kita bisa mengurangi efek samping  dari paparan  zat yang berbahaya dalam beras plastik," kata Ari. 

Ari mengatakan masyarakat harus jeli dalam memilih beras yang akan dikonsumsi. Para pedagang juga harus melihat apakah beras yang dijual tersebut bukan beras palsu yang mengandung komponen plastik tersebut.

Hasil penelitian dari Sucofindo menyebutkan beras palsu yang ditemukan di Bekasi tersebut mengandung bahan pembuat plastik yaitu Benzyl Butyl Phthalate (BBT), Bis 2-ethylhexyl Phthalate (DEHP) dan Diisononyl Phthalate (DNIP). 

"Tentu  masyarakat masih menunggu hasil penelitian resmi dari lembaga pemerintah," kata Ari dari Divisi Gastroenterology, Departemen Internal Medicine, Universitas Indonesia.

Informasi dari Straits Times Online pada 19 Mei 2015 menyatakan beras plastik berasal dari Cina dan telah menyebar di beberapa negara di Asia seperti India, Indonesia dan Vietnam. Singapura sendiri melalui The Agri-Food & Veterinary Authority (AVA)  menyatakan bahwa Singapura bebas dari beras plastik tersebut.
Tempo.co

No comments :

Post a Comment