September 18, 2015

Tambah Kekuatan Otot Dengan Konsumsi Buah-buahan Hijau

No comments :
Seiring bertambahnya usia, kekuatan otot cenderung semakin melemah. Tapi riset baru menemukan ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan buah-buahan hijau.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry, University of Iowa, menyebut ada senyawa dalam buah apel hijau dan tomat hijau yang dapat berpotensi menjadi suplemen dan obat-obatan untuk mengatasi pelemahan otot.

Pelemahan otot atau bisa disebut juga atrofi ototdisebut sebagai masalah terbesar bagi merekayang berusia lanjut karena bisa mengganggu kualitas hidup. Fisik yangmelemah dan stamina yang hilang pada akhirnya akan membatasi aktifitas fisik.

Salah satu peneliti, Christopher Adams, MD, PhD, mengatakan asam ursolat di dalam kulit apel dan senyawatomatidine di kulit tomat hijau dapat mencegah proses kehilangan kekuatan otot dengan mematikan proteinyang bermasalah yaitu ATF4.

Protein ATF4 dilaporkan sebagai protein yang mengubah pembentukan gen yang membuat kekuatan ototindividu orang berusia tua menjadi menyusut. Peneliti percaya bahwa dengan mematikan ATF4, proses atrofiotot yang berkaitan dengan penuaan mungkin dapat dihentikan.

Tes pada tikus laboratorium menunjukkan bahwa tikus tua dengan atrofi otot yang diberi makan asam ursolat dan tomatidine selama dua bulan punya massa otot 10 persen lebih banyak dibanding tikus yang tak diberi suplemen. Selain itu kualitas atau kekuatan otot tikus juga dilaporkan 30 persen lebih baik.


"Dari hasil ini, asam ursolat dan tomatidine sepertinya punya banyak potensi untuk menjadi alat melawan pelemahan otot dan atrofi selama penuaan," kata Adams seperti dikutip dari situs resmi universitas,now.uiowa.edu.

Menurut WebMD, otot terus tumbuh lebih besar dan kuat hingga sekitar usia 30, dan akan berkurangkekuatan ototnya sebanyak 3 sampai 5 persen setiap 10 tahun. Setelah usia 75, penyusutan cenderung lebih cepat.

Peneliti berencana untuk melakukan uji coba penelitian kepada manusia, yang diharapkan dapat berpotensi ke arah terciptanya suplemen atau obat-obatan untuk memperkuat otot.

No comments :

Post a Comment