September 19, 2015

Cara Mudah Bayi Cepat Berjalan

No comments :
Berjalan adalah tanda dimulainya tahapan baru tumbuh kembang anak, jadi salah satu tonggak penting dalam perkembangan anak dan awal mula kemandirian anak. Tidak heran, kalau momen ini jadi sangat spesial, Moms. Bagi anak, berjalan adalah menjaga keseimbangan ketika ia mulai mengangkat kaki yang satu dan kaki yang lainnya sekaligus proses memindahkan berat badan.
Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, menjelaskan ada beberapa tahapan belajar berjalan pada anak. Tahap pertama adalah tahap menjejakkan kaki atau stepping, biasanya tahap ini terjadi pada bayi berusia 3-6 bulan. Tahap berikutnya adalah berdiri dengan bantuan yang biasanya terjadi pada bayi usia 6-10 bulan. Setelah itu, kata Vera, ada tahap berjalan dengan bantuan, biasanya terjadi pada bayi usia 9-12 bulan. Tahap yang terakhir adalah tahap berjalan sendiri pada bayi berusia 12-15 bulan.
“Orang tua harus memberi kesempatan anak untuk melatih kemampuan berjalannya. Akan percuma jika ruangan sudah ada tetapi anak terus-terusan digendong atau ditaruh di stroller. Dengan begitu, anak tidak akan latihan berjalan,” ujar Vera.
Ada beberapa hal yang dibutuhkan anak untuk belajar berjalan. Pertama adalah ruang yang luas dan aman, kesempatan, apresiasi atas usahanya, kegiatan yang melatih perkembangan otot motoriknya, belajar sambil berjalan juga pendampingan dan pengawasan dari orang tua. Satu hal yang tidak kalah penting adalah mainan yang membantu proses ini. 
Namun Vera juga mengingatkan supaya orang tua tidak memaksakan anak untuk mencapai tahap pertumbuhan tertentu. Perbedaan pencapaian tahap-tahap pertumbuhan pada setiap anak berbeda dan tidak bisa disamakan satu sama lain.
“Kalau anak mengalami keterlambatan dalam setiap tahap perkembangannya, ada beberapa hal yang memengaruhinya. Misalnya kurang stimulasi dan kurangnya kesempatan yang diberikan. Sebenarnya tidak ada deadline atau batas tertentu tapi ada toleransi yang bisa diberikan saat melihat anak mencapat tahap-tahap pertumbuhannya. Misalnya anak usia 9 bulan, bisa dibantu dengan memberikan mainan yang membantunya berdiri. Jangan memaksa anak untuk memenuhi target tertentu, berikan dia waktu dan kesempatan untuk berusaha dan mengembangkan kemampuannya,” ucap Vera.
So, Moms, menyediakan waktu bersama dengan anak itu wajib banget. Selain untuk memenuhi aspek kehadiran kamu dalam kehidupan si anak, ternyata kehadiranmu bisa membantunya supaya tumbuh lebih optimal.

No comments :

Post a Comment