October 30, 2014

Gaya Jalan Seperti Ini Bisa Buat Anda Bahagia

No comments :
 Anda sedang sedih atau dilanda kegalauan, namun sulit untuk menghilangkan hal itu.  Sangat mudah caranya, hanya mengubah gerak Anda saat berjalan, diantaranya berjalan dengan ringan dan menggerakkan lengan, ternyata bisa seketika meningkatkan rasa bahagia.

Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian di Kanada. Mereka meminta sekelompok orang mengubah gaya berjalannya. Kelompok pertama diminta untuk berjalan dengan "gaya sedih", jalan dengan postur merosot, bahu tergantung ke depan, dan sedikit gerakan tangan.

Kelompok kedua diminta berjalan dengan "gaya bahagia", lebih banyak gerakan tangan dan bahu agak naik turun. Setelah itu peneliti melakukan tes memori. Hasilnya, kelompok yang berjalan sedih lebih mengingat kata-kata negatif dibanding dengan yang gaya berjalan bahagia.

Kemampuan memori tersebut ternyata berperan besar pada orang yang sudah lebih dulu memiliki kondisi depresif. Orang yang depresi cenderung mengingat hal-hal negatif dan fokus pada hal tersebut. Kebiasaan tersebut pada akhirnya akan menciptakan mood yang buruk.

Para ahli percaya bahwa mengubah postur atau gaya berjalan bisa berpengaruh pada cara kita memproses informasi. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan rasa bahagia dengan instan, berjalankah dengan "gaya bahagia".

No comments :

Post a Comment