October 29, 2014

Keluarga di Sinabung Jadi Percontohan KIS Awal November Ini

No comments :

Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dulu dikampanyekan oleh Joko Widodo saat mencalonkan diri jadi presiden menjadi program awal yang diprioritaskan oleh menteri-menterinya yang tergabung di Kabinet Kerja. KIS adalah salah satu program andalan Presiden Jokowi untuk mengatasi masalah kesehatan rakyat Indonesia.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) beserta kementerian terkait lainnya pada Rabu 29 Oktober 2014, melakukan rapat koordinasi pertama untuk membicarakan hal tersebut.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan program KIS akan segera diluncurkan pada awal bulan November 2014. Rencananya Presiden Jokowi akan memberikan KIS kepada warga Sinabung yang sedang dilanda bencana.

"500 Kepala keluarga di Sinabung akan menjadi uji coba dari KIS di mana saat pengujian berlangsung dengan baik, nantinya saat peluncuran bisa diakses seluruh rakyat Indonesia dengan baik," kata Puan saat ditemui pada jumpa pers di gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Merdeka Barat No 3, Jakarta Pusat.

Untuk masalah detail seperti anggaran dan jumlah peserta KIS nantinya, Puan mengatakan masih akan membahas hal tersebut lebih jauh pada rapat berikutnya. KIS dikatakan oleh Puan yang jelas akan dilakukan secara bertahap.

"Saat ini kami akan prioritaskan keluarga prasejahtera yang kemarin belum tercover oleh JKN. Itu yang akan kami prioritaskan untuk kemudian bisa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat pada program prioritas pemerintahan minggu depan," papar Puan.

Dari contoh KIS yang diterapkan di Sinabung, nantinya hasil tersebut akan menjadi bahan evaluasi untuk pemerintah. Hal tersebut dikatakan Puan agar saat diluncurkan secara nasional, KIS dapat mengatasi keinginan-keinginan kesehatan masyarakat.
Detik
Foto: Kompas.com

No comments :

Post a Comment