April 02, 2015

Khasiat Temulawak Mulai dari Nafsu Makan Hingga Obat Maag

No comments :
Untuk menambah nafsu makan bagi si buah hati, berbagai macam cara dilakukan orangtua. Bahka rempah-rempah dibisa dijadikan asupan, supaya anaknya doyan makan, seperti temulawak yang punya khasiat tersendiri.

Karena tumbuhan asli Indonesia ini, dan hidup di dataran Maluku, Jawa, dan Kalimantan, di bagian akar rimpangnya kerap digunakan, sebab mempunyai khasiat obatnya. 

Selain merangsang nafsu makan, tanaman yang dikategorikan jahe-jahean ini memiliki sejumlah manfaat lain, antara lain :

1. Obat penyakit asma

Dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren, temulawak dapat digunakan sebagai obat asma. caranya, iris tipis temulawak dan keringkan, lalu direbus dengan lima gelas air ditambah sepotong gula aren, hingga menyisakan tiga gelas. Setelah itu disaring, dan siap diminum.

2. Obat sakit maag

Penyakit yang banyak diderita orang Indonesia ini dapat diobati dengan curcuma. Caranya, ambil satu rimpang, iris-iris, kemudian angin-anginkan sebentar saja. Setelah itu, rebus dengan 5 sampai 7 gelas air sampai mendidih. Saringlah, kemudian minumlah satu kali sehari sebanyak satu gelas.

"Curcuma atau temulawak memang terbukti banyak memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan, hanya saja kesibukan masyarakat kota yang sudah sangat tinggi, membuat proses pengolahan temulawak tentunya terasa merepotkan. Karena itu kami menghadirkan beragam produk yang berbahan dasar temulawak, setelah melalui beragam penelitian untuk mendapatkan manfaat terbesar dari temulawak," kata Kiki

No comments :

Post a Comment