October 12, 2015

Ini Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

No comments :
Pisang selain mudah ditemukan seperti di daerah kita dengan iklim tropisnya, merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, diantaranya anti oksidan, mengandung mineral dan vitamin. Dalam buah yang dagingnya lembut itu, juga jika dikonsumsi setiap 100 gram mengandung 90 kalori.

Manfaat lain dalam buah pisang setelah dikonsumsi, mampu menambahkan energi, serta merevitalisasi tubuh. Sehingga pisang banyak dikonsumsi oleh sejumlah olahragawan yang butuh energi instan serta tambahan suplemen bagi mereka yang kekurangan berat badan.
Buah ini juga mudah larut saat dikonsumsi, sehingga membantu yang bermasal dengan pencernaaan, karena 7 persen DRA per 100 g.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam pisang vitamin B6 (pyridxine). Pyridoxine adalah vitamin B kompleks, yang bisa mengobati neuritis, dan anemia. Selanjutnya, hal ini membantu penurunan homocystine (salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner (PJK) dan episode stroke) tingkat dalam tubuh manusia.

Buah ini juga merupakan sumber vitamin C (sekitar 8,7 mg per 100g). Konsumsi makanan kaya vitamin C-membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi dan mengais berbahaya radikal bebas oksigen.

Begitu juga jika konsumsi pisang segar, itu mengandung mineral seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium sangat penting untuk memperkuat tulang, serta baik buat jantung. Mangan digunakan sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Sedangnkan tembaga bisa  memproduksi sel darah merah.

Selain itu, pisang segar merupakan  sumber  kaya kalium. 100 g buah memberikan 358 mg potasium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, serta melawan efek buruk dari sodium.




No comments :

Post a Comment