October 24, 2015

Tips Ini Bisa Atasi Masalah BAB

No comments :
Bermasalah dengan buang air besar (BAB), karena disebabkan seperti stres, pola makan yang salah serta pengaruh gaya hidup. Ada beberapa cara mengatasinya sebelum Anda berkonsultasi ke dokter, seperti dikutip dari laman vemale.com.

Mungkin tips berikut ini bisa membantu kelancaran BAB Anda. Tentunya yang perlu dilakukan pertama adalah harus aktif bergerak, misalnya dengan olahraga teratur. Kemudian juga jangan kurang serat, serta perbanyak minum air putih.

Selanjutnya yang perlu dibiasakan bangun pagi lebih cepat, dengan mengutamakan konsumsi sarapan sehat. Karena dengan bangun lebih awal di pagi hari, pastinya Anda bisa menghindari rasa stres untuk BAB. Begitu juga ketika keinginan untuk BAB datang jangan ditunda, karena kalau menunda nanti akan sulit mengatasinya.

Berikutnya, perhatikan lagi makanan yang Anda konsumsi. Karena pola makanan sangat mempengaruhi masalah BAB.  Misal, ingin diet, Anda tak mengonsumsi lemak sama sekali, akibatnya kamu jadi susah BAB.

 Atau ketika Anda hanya mengonsumsi protein saja, maka akan sangat sulit bagimu BAB secara teratur seperti biasa. Jadi, perhatikan lagi apa saja yang Anda konsumsi. Perubahan drastis pada makanan yang kamu konsumsi dapat sebabkan konstipasi.

Mengonsumsi serat tak selalu berhasil atasi masalah sulit BAB bagi sejumlah orang. Kalau kamu sudah mencoba konsumsi serat tapi malah makin sulit untuk BAB, bisa jadi itu pertanda “slow transit constipation” di mana pencernaan tak berjalan cepat dan serat yang kamu konsumsi terasa menyumbat usus dan membuat kondisimu makin parah.

Kalau sudah melakukan tips-tips di atas tapi tak ada hasilnya, jangan tunda untuk langsung menemui dokter, ya. Apalagi jika disertai gejala lain seperti pusing, sakit kepala, dan perut kram, maka kamu perlu hati-hati dengan gejala penyakit lain yang menyerangmu sepertihyperthyroidism, hypercalcemia, celiac disease, atau irritable bowel syndrome (IBS)


No comments :

Post a Comment