April 15, 2015

Ingin Tetap Sehat, Makan Malam Lebih Awal

No comments :
Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, terkadang kita melewatkan makan malam, yang seharusnya dinikmati lebih awal. Karena, makan malam lebih cepat itu sangat baik untuk kesehatan, dibandingkan melakukannya larut malam, karena bisa berdampak terkena penyakit tertentu. 

Sebaiknya Anda makan malam sebelum pukul 9. Karena jika melewati batas waktu tersebut, bukan memuaskan nafsu, tapi malah mempengaruhi kesehatan serta bobot tubuh Anda.

Berikut ini beberapa alasan Anda harus makan malam lebih awal, seperti dikutip dari Health Me Up :

Menaikkan berat badan
Makan malam berlebihan tentu sangatlah mudah. Apalagi jika lelah sedang mendera. Makan makanan terakhir Anda lebih awal akan memberikan waktu lebih banyak bagi tubuh untuk mencerna makanan dan membakar kalori. 

Kalori yang tidak terbakar bisa diubah menjadi trigliserida, dan kadar lemak ini meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Belum lagi menambah berat badan Anda. 

Kesehatan pencernaan
Jika Anda makan malam terlambat, kemungkinan besar Anda akan pergi tidur dengan perut penuh makanan. Tidur setelah makan memperlambat pencernaan Anda, menyebabkan Anda merasa kembung, tidak nyaman dan bahkan mungkin merasa penuh ketika Anda bangun. 

Berbaring telentang atau menghadap ke samping juga menyebabkan cairan pencernaan meluncur ke kerongkongan Anda sehingga membuat perut Anda tidak nyaman atau mual. Idealnya makan malam dilakukan antara pukul 7 sampai 8 malam.

Mengganggu tidur
Makan terlalu malam memengaruhi tidur Anda dengan beberapa cara. Tubuh membutuhkan setidaknya satu atau dua jam untuk menetap setelah makan. Jadi, jika Anda tidur setelah makan Anda mungkin tidak akan tidur nyenyak. 

Makan larut juga bisa mengganggu irama sirkadian Anda, atau siklus tidur. Jika Anda makan lebih awal, Anda bisa tidur lebih awal dengan durasi lebih banyak. 

Minum sembari makan malam juga dapat menyebabkan Anda bangun di tengah tidur untuk pergi ke kamar mandi. 
CNN Indonesia

No comments :

Post a Comment