April 06, 2015

Penyebab Ini Mungkin Selalu Buat Anda Lelah

No comments :
Kelelahan saat menjalankan aktivitas, mungkin itu terjadi karena beberapa faktor, selain kurang tidur, juga disebabkan kebiasaan lainnya yang membuat tubuh Anda kekurangan energi.
Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat seseorang merasa lelah dan tips untuk mencegahnya, seperti dikutib dalam laman Health:

1. Melewatkan olahraga
Menghemat energi dengan melewatkan olahraga, malah berakibat sebaliknya. Tubuh hanya akan merasa kelelahan bagi Anda yang kurang olahraga. University of Georgia telah melakukan studi terhadap orang dewasa yang melakukan olahraga ringan sebanyak 3 kali seminggu. Hasilnya didapatkan, mereka yang berolahraga 20 menit tidak merasa lelah dan lebih bersemangat.
Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh tinggi, menyalurkan oksigen ke darah dengan lancar, dan membantu sistem kardiovaskuler lebih efisien.
2. Tidak konsumsi zat besi
Amy Goodson, RD, ahli gizi di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine mengatakan, "Kekurangan zat besi dapat membuat Anda lelah karena otot dan sel-sel tubuh kekurangan oksigen."
Meningkatkan asupan zat besi dapat dilakukan dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak, kacang merah, telur (termasuk kuning telur), selai kacang, dan tahu. "Asupan zat besi juga harus diimbangi dengan vitamin C untuk tubuh agar zat besi lebih mudah diserap.
3. Melewatkan Sarapan
Ketika Anda tidur, tubuh harus terus memompa darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh kekurangan energi. Ketika Anda bangun tidur, tubuh memerlukan asupan energi dengan sarapan untuk mencegah kelelahan.
"Makan sarapan akan mendorong metabolisme tubuh Anda," kata Amy Goodson.
Amy Goodson merekomendasikan sarapan yang sehat mencakup biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak sehat. Contohnya, telur dengan dua potong roti gandum dan yoghurt rendah lemak.
4. Perfeksionis
"Berjuang untuk menjadi yang terbaik di segala sisi membuat Anda bekerja lebih keras," kata Irene S. Levine, PhD, Profesor psikiatri di University Shcool of Medicine, New York.
Karena itu menjadi perfeksionis akan membuat seseorang menjadi mudah lelah. Levine pun menyarankan untuk menetapkan batas waktu untuk diri sendiri pada tiap pekerjaan Anda. "Mengerjakan sesuatu di luar batas kemampuan Anda, akan membuat tubuh terasa melelahkan. Kenali kemampuan diri Anda agar tidak memaksakan mengerjakan sesuatu di luar batas," ucapnya memberi saran.
5. Kebanyakan memakai gadget
Memainkan gadget di jam tidur dapat meyebabkan tubuh menekan hormon yang membantu mengatur siklus tidur. Allan Towfigh, MD, Direktur New York Neurology & Sleep Medicine, New York City menjelaskan kepekaan cahaya di layar gadget pada masing-masing orang berbeda, namun sebaiknya hindari menggunakan gadget selama satu sampai dua jam sebelum tidur.
Jika terpaksa harus mengecek gadget saat menuju jam tidur Anda, Allan menyarankan untuk setidaknya memiliki jarak 14 inch antara wajah dan gadget Anda untuk mengurangi gangguan tidur yang meyebabkan kelelahan.


No comments :

Post a Comment