March 20, 2015

WHO Anjurkan Konsumsi Gula 6 Sendok Teh Perhari

No comments :
Menikmati kopi, teh, serta minuman lainnya tiap hari, tanpa gula rasanya belum puas, karena kurang manis.  Padahal kelebihan gula dalam tubuh kita bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.
Seperti yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak 2002, bahwa batas takaran gula yang mesti diasup setiap hari, yakni tidak lebih dari 20 persen dari total asupan kalori per hari. Bila dilanggar, banyak gangguan bisa muncul termasuk pada gigi.
"Orang yang mengonsumsi gula lebih dari 10 persen dari total kalori per hari, cenderung lebih mudah menderita karies dibandingkan yang mengonsumsi lebih rendah 10 persen," kata Dokter Gigi sekaligus Head of Professional Relationship Oral Care PT. Unilever Indonesia Tbk, drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC dalam simposium bertajuk 'Waspadai Gula Sebagai Musuh Bersama Penyakit Gigi dan Diabetes Militus' di Hotel Neo+ Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/3/2015).
Dua belas tahun berselang, WHO kembali mengeluarkan rekomendasi terkait asupan gula yang harus dipatuhi, serta lebih mengerucut. "Konsumsi gula tidak boleh melebihi 5 persen dari total asupan kalori per hari," kata Ratu Mirah menambahkan.
Menurut Mirah, lima persen dari total asupan kalori per hari bila ditakar setara dengan 25 gram atau 6 sendok teh gula per hari untuk orang dewasa dengan indeks massa tubuh (BMI) normal. "Bila ini dilakukan, risiko karies gigi akan berkurang," kata Ratu Mirah.


No comments :

Post a Comment